Ilmu Komputer (TI)
Deskripsi Program Studi
Dengan semakin pesatnya perkembangan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Program Studi Teknik Informatika berusaha memenuhi kebutuhan profesional dan wirausahawan di bidang ini dengan menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi serta menguasai bidang TIK. Karena demikian banyaknya kompetensi di bidang TIK, Program Studi Teknik Informatika berkonsentrasi untuk menghasilkan alumni yang berkompetensi di bidang keamanan jaringan, basis data korporasi dan pemrograman simulasi.
Di bidang keamanan jaringan, Program Studi Teknik Informatika berusaha untuk menghasilkan lulusan yang mampu merancang jaringan komputer untuk perusahaan berskala kecil, menengah dan besar, mengimplementasikan rancangan jaringan dan melakukan pemeliharaan terhadap jaringan komputer tersebut. Lulusan Program Studi Teknik Informatika diharapkan mampu menghasilkan jaringan komputer yang berkinerja tinggi, mudah dalam pemeliharaan dan memiliki tingkat keamanan yang cukup baik untuk kebutuhan operasional perusahaan.
Di bidang basis data korporasi, Program Studi Teknik Informatika berusaha untuk menghasilkan lulusan yang mampu merancang dan mengimplementasikan perangkat lunak dan sistem basis data untuk kebutuhan perekaman data transaksi perusahaan berskala kecil, menengah dan besar, dengan menggunakan produk sistem manajemen basis data setingkat kalangan korporasi atau perusahaan besar. Lulusan Program Studi Teknik Informatika diharapkan mampu menghasilkan perangkat lunak dan sistem basis data yang berbasis Web, sehingga dapat diakses oleh lebih dari satu pemakai melalui jaringan komputer lokal maupun Internet.
Di bidang pemrograman simulasi, Program Studi Teknik Informatika berusaha untuk menghasilkan lulusan yang mampu merancang dan mengimplementasikan perangkat lunak yang melakukan simulasi dan animasi terhadap berbagai hal dalam kehidupan nyata. Lulusan Program Studi Teknik Informatika diharapkan mampu menghasilkan perangkat lunak yang merupakan prototipe produk (misalnya simulasi elevator dan penentuan lokasi kereta api) , perangkat lunak permainan (game), perangkat lunak yang ditanamkan pada perangkat portabel, perangkat lunak pemodelan dan simulasi objek-objek tiga dimensi, perangkat lunak multimedia atau perangkat lunak yang melakukan simulasi kecerdasan manusia dalam bidang pendidikan, pengolahan citra dan bidang-bidang lainnya.
Lama Studi
4 Tahun (8 Semester)
Prasyarat
- Lulus SMA (Jurusan IPA)
- Lulus SMK (Jurusan Informatika)