Sambutan Dekan

Assalamu’alaikum, Wr. Wb. 

Kami menghaturkan puji syukur kepada Allah SWT atas segala Nikmatnya untuk kita semua. Atas berkat pertolonganNya lah kami bisa menyelesaikan banyak hal di fakultas tercinta.

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana mengelola dua Program Studi (PS) yaitu PS Informatika dan PS Sistem Informasi. Area Ilmu Komputer sangat luas, dan karenanya Program Studi perlu mendefinisikan bidang yang manjadi fokus pelayanannya. PS Informatika UMB fokus pada bidang Data Solution dan Network Security, sementara PS Sistem Informasi memfokuskan diri pada bidang pada e-Business dan Aplikasi Multiplatform.

Teknologi Digital merupakan pendukung utama dari era Revolusi Industri 4.0 yang sedang dihadapi oleh seluruh penduduk dunia. Di satu sisi era ini memberikan kemudahan yang hampir tanpa batas, namun di sisi lain seiring dengannya juga mendatangkan permasalahan dan tantangan baru. Disrupsi terjadi di mana – mana meliputi seluruh aspek kehidupan bermasyarakat. Fakultas Ilmu Komputer UMB sangat menyadari dampak dari arus global teknologi seperti ini. Kitab suci mengajarkan “Setelah kesulitan ada kemudahan”, di balik tantangan ada kesempatan. Oleh karenanya, kami selalu mengupayakan untuk terus berbenah dan berubah menjadi lebih baik sesuai dengan tantangan jaman guna meraih kesempatan dan peluang yang tercipta.

Seluruh sivitas akademika Fakultas Ilmu Komputer, sesuai bidangnya di Teknologi Digital, harus menyiapkan diri untuk mengambil peran utama dalam memanfaatkan peluang atau menemukukan solusi permasalahan-permasalahan yang timbul pada era ini. Untuk itu, berbagai program terkait Tri Darma Pendidikan Tinggi kami rancang, kami siapkan, kami laksanakan, dan kami evaluasi untuk memastikan kontribusi Fakultas Ilmu Komputer UMB untuk kemajuan peradaban melalui bidang Pendidikan Tinggi, khususnya bidang Ilmu Komputer. Program-progam disiapkan dalam rangka antisipasi dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan tetap selaras dengan visi, misi dan tujuan UMB dan Pendiri Yayasan.

Pada darma Pendidikan dan Pengajaran, kurikulum dan metode pengajaran selalu diperbaharui secara berkala. Arah Pendidikan dan Pengajaran saat ini adalah berbasis teknologi Informasi dan berpusat kepada Mahasiswa. Untuk para dosen disiapkan program.- program pengembangan kompetensi diri. Berbagai sertifikasi yang diperoleh dosen baik tingkat Nasional maupun Internasional membuktikan kompetensi mereka pada rumpun Ilmu Komputer. Pada darma Penelitian, Fakultas Ilmu Komputer UMB berkonsentrasi pada penelitian kolaboratif dengan mitra baik di dalam maupun di luar negeri. Arah penelitian seperti ini dimaksudkan agar para peneliti dan dosen mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang bersifat global, selain menghasilkan manfaat dengan jangkauan yang lebih luas. Keluaran penelitian berupa HKI dan atau publikasi internasional bereputasi. Program Darma pengabdian masyarakat diarahkan untuk memberikan manfaat secara nyata kepada komunitas di area sekililing kampus maupuan pada cakupan nasional. Sivitas akademika Fakultas Ilmu Komputer UMB juga berkontribusi dalam berbagai program pengembangan komunitas maupun ilmu teknologi informasi, antara lain penyusunan SKKNI/KKNI TIK, Peta Okupasi TIK, Kurikulum Pelatihan Non Formal untuk TIK dll. Pada tahun ini (2019) Fakultas Ilmu Komputer UMB dipercaya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menjadi salah satu penyelenggara program Digital Talent Scholarship 2019 bidang pelatihan Machine Learning.

Dengan potensi dan kesungguhan kami InsyaAllah kami selau siap untuk memberikan berkontribusi maksimal pada pengembangan ilmu dan SDM bidang ilmu komputer. Dengan potensi dan kesungguhan tersebut, kami selalu siap untuk mengembangkan potensi mahasiswa menjadi tenaga professional yang mampu menjawab tantangan industri dan masyarakat dalam persaingan global sesuai visi, misi Fakultas Ilmu Komputer UMB.

Pada akhir sambutan ini, ijinkan saya selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana menyampaikan, sekali lagi, terimakasih kepada seluruh sivitas akademika, masyarakat, kalangan industri, maupun instansi pemerintah atas perannya dalam perkembangan Fakultas Ilmu Komputer UMB.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Dekan Fakultas Ilmu Komputer

Dr. Mujiono Sadikin, MT. CISA. CGEIT.